Sri Wiyanti: Menjadi Catatan Sejarah

Sinar matahari terpancar hingga ke aspal jalan raya, dalam perjalanan terlihat genangan air dengan jarak sekitar 1 km dari jarak angkot yang di tumpangi. hati berkata:”apakah terjadi banjir?, ahh, tidak mungkin, lalu? dari manakah air itu. loh kok tidak sampai-sampai ke air itu sudah dari tadi?”. kemudian ia menunjukkan air itu kepada penumpang yang di sampingnya, dan penumpang itu berkata:”saudaraku.., itu bukanlah air, akan tetapi adalah fatamorgana hasil dari pancaran sinar matahari yang panas..”.

Bismillah, salam ukhuwah..
saudaraku.. begitulah hakikat kehidupan didunia ini, ia akan menjadi fatamorgana..

“Ibu Tangguh Arsitek Unggul Benarkah?”, *senyum*

saudaraku.. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.(qs. an-nisa :9)

Saudariku.., kenalkah engkau dengan mereka?, Tahukah engkau mereka adalah wanita-wanita yang telah mendesain generasi-generasi tangguh pemimpin ummat, mereka adalah wanita-wanita yang memiliki keimanan kuat, berilmu, cerdas dan tangguh.

Mereka adalah seorang wanita biasa, akan tetapi ilmu, keimanan dan ketaqwaan telah menjadikan mereka luar biasa.
– Sang Ibunda abdullah bin dzubair yaitu asma binti abubakar

– Seorang Ummu habibah ibunda dari al imam asy-syafi’I apakah anti mengenal imam asy-syafi’I yang di usia 4 tahun sudah menghafal al-quran?

– Ummu al-fatih yang lahir di bulgaria yaitu ibunda dari pemimpin sebaik-baik pasukan yang mampu menaklukkan konstantinopel, yang diusia belia sudah mempu menguasai 7 bahasa subhanallah. salah seorang yang disebutkan didalam hadits Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam dalam masa kurang lebih 800 tahun setelah Beliau shallallahu’alaihiwasallam menceritakan tentangnya?

– Ataukah seorang hamba Allah ta’ala yang bernama Laila ibunda dari umar bin abdul azis yang dikenal dengan gelar seorang khalifah rasyidah.

Saudara saudariku..
Mahukan engkau menjadi orang tua yang menjadi catatan sejarah seperti mereka.

Saudariku.. ada beberapa hal ciri-ciri dari seorang ibu yang tangguh
1. Mempunyai ketaqwaan yang tinggi kepada Allah ta’ala
2. Ia punya kepribadian islam hingga menjadi qudwah bagi anak-anaknya
3. Ia memiliki kesadaran bahwasanya anak adalah aset perjuangan dan merupakan generasi masa depan ummat.
4. Memiliki kesadaran akan politik islam, saudariku..,makna politik itu bukanlah mengikuti parlemen2 kenegaraan saja, namun ia merupakan “banyak cara” dalam artian memahami kondisi lingkungan dan ia pandai dalam mengarahkannya, ia peduli dengan lingkungannya serta faham menanganinya, bersifat gigih dan ulet dalam berusaha.
5. pengetahuannya luas tentang pendidikan sang anak, akan di arahkan kemana anak-anaknya..

saudariku..
jika engkau mengatakan kepada ku.., wahai saudariku.., aku bukanlah seorang wanita yang berpendidikan tinggi, sehingga aku tidak begitu memahami tentang hal yang engkau ucapkan itu..,

saudariku.., jika engkau tidak memiliki kefahaman akan hal itu maka carilah ilmu, karena thalabal ‘il faridhatan ‘ala kulli muslimin(menuntut ilmu itu kewajiban atas setiap muslim).. sebuah hal mengatakan bahwa:”uthlubul ‘ilm minal mahd ilal lahd”, tuntutlah ilmu sejak dari ayunan sampai keliang lahat. Dan istilah lain mengatakan bahwa :”al-‘ilmu bi la ‘amalin kasy-syajarin bi la tsamarin” bermakna bahwa ilmu yang tidak di’amalkan bagaikan pohon yang tak berbuah sehingga terkadang tidak bermanfa’at, tahukah engkau pohon apa ini? Yaitu seperti semak belukar yang akan ditebas oleh manusia yang kemudian dibuang, jika setiap helaian daunnya mengering kemudian dibakar hingga tidak meninggalkan bekas kecuali hitam menjadi arang.

Saudariku.. jika mengatakan, wahai saudaraku.. aku bisa tapi sulit, atau itu sulit tapi bisa. Dan hanya ada 2 jawaban yaitu: motivasilah Ruh dan ciptakan lingkungan yang kondusif dalam masyarakat dan negara.

Saudariku.. nasib generasi mendatang ada ditangan mu, memanglah ini tidaklah hanya karena mu, akan tetapi engkau juga butuh sokongan saudaramu..

Aku berharap semoga ada ibrah dari pada catatan kecil ini, dan semoga wanita-wanita itu mampu menjadi penyemangat bagi mu..,
karena engkau adalah arsitek-arsitek masa depan.

Persiapkanlah Dirimu dengan bekal ilmu.. ^_^

Wallahua’lam bish-shawab, *senyum*

sumber : untuk-islam

About awanadec99

reserved

Posted on 10 Desember 2012, in Agama Islam, Pengetahuan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s