Media Pembelajaran

1)  Media Pembelajaran

andragogy

Menurut saya yaitu segala sesuatu  yang berupa alat dan bahan yang berguna untuk mempermudah penyampaian informasi berupa ilmu dari komunikator kepada komunikan, dan juga mempermudah komunikan untuk memahami informasi apa yang di sampaikan oleh komuniokator, Sehingga diharapkan dapat merangsang komunikan untuk belajar dan mencapai tujuan dari proses pembelajaran itu sendiri.
dengan adanya media maka seorang komunikator mampu memberikan proses pendidikan yang lebih menarik, mudah di pahami oleh komunikan, metode pengajaran juga akan lebih bervariasi, komunikan akan lebih aktif dalam sebuah proses belajar, serta hemat waktu dan tempat. Diharapkan setelah keunggulan diatas tercapai maka kualitas pendidikannya pun akan lebih baik lagi.

Jadi media tersebut jika di dalam dunia pendidikan bisa berupa alat peraga seperti :

  • miniatur benda yaitu benda tiruan yang ukurannya jauh lebih kecil dari benda aslinya, misalkan didalam suatu proses pendidikan sedang membicarakan tentang bagan sebuah pesawat terbang. Kita tidak mungkin membawa pesawat terbang sungguhan untuk mempelajari bagan-bagan pesawat terbang tersebut melainkan menggunakan miniaturnya saja.
  • Papan tulis yaitu sebagai tempat tampilnya tulisan yang ditulis oleh seorang komunikator sehingga pesan yang berupa tulisan tersebut bisa disajikan kepada komunikan, dan diharapkan komunikan mampu merespon pesan berupa tulisan tersebut dan menterjemahkannya sendiri.
  • OHP dan OHT yaitu sebuah benda yang digunakan oleh seorang komunikator untuk menampilkan bahan ajar yang diharapkan mampu mempermudah tugas komunikator pada saat menjelaskan suatu materi kepada komunikan. Dengan memanampilkan bayangan yang dihasilkan dari OHT yang terkena sinar panas dari OHP maka bayangan dapat tercipta d sebuah bidang datar seperti dinding.

 

2)       Klasifikasi Media

Klasifikasi media yang dikemukakan oleh Haney dan Ulmer (1981).

 

Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam pengklasifikasian ini. Salah satu cara diantaranya ialah dengan menekankan pada teknik yang dipergunakan dalam pembuatan media tersebut. Sebagai contoh, seperti gambar, fotografi, rekaman audio, dan sebagainya. Ada pula yang dilihat dari cara yang dipergunakan untuk mengirimkan pesan. Contoh, ada penyampaian yang disampaikan melalui siaran televisi dan melalui optik. Berbagai bentuk presentasi media yang kita terima, membuat kita sadar bahwa kita menerima informasi dalam bentuk tertentu. Pesan-pesan tersebut dapat berupa bahan cetakan, bunyi, bahan visual, gerakan, atau kombinasi dari berbagai bentuk informasi ini.

Masih banyak ciri yang membedakan media yang satu dengan yang lain, sehingga tidaklah mudah untuk menyusun klasifikasi tunggal yang mencakup semua jenis media. Faktor lain yang juga mempersulit klasifikasi ini ialah untuk menentukan apa yang termasuk dan apa yang tidak termasuk media. Sebagai contoh, beberapa ahli membedakan antara media komunikasi dan alat bantu komunikasi. Yang menjadi dasar utama dari pembedaan ini ialah apakah suatu sarana komunikasi dapat menyampaikan program secara lengkap atau tidak. Berdasarkan pembedaan ini, film dapat digolongkan sebagai media, karena film dapat menyampaikan pesan yang lengkap selama waktu putarnya. Sedangkan overhead transparansi (OHT) digolongkan sebagai alat bantu saja, karena OHT tidak dapat berdiri sendiri. Hal tersebut hanya dapat digunakan oleh instruktur untuk membantu menerangkan pembelajarannya. Walaupun pendapat ini masuk akal, tetapi di sini kita akan membahas media dalam perspektif yang lebih luas, yaitu semua alat atau bahan yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sesuai dengan pengertian media pembelajaran sebelumnya.

About awanadec99

reserved

Posted on 16 Desember 2012, in Pendidikan, Pengetahuan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s